Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Latihan Peregangan untuk Meredakan Stres

Terkadang, tubuh kita merespons stres dengan tegang dan kaku, menyebabkan sakit kepala, sakit leher, atau sakit punggung. Untuk meredakan stres, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melakukan gerakan peregangan (stretching) pada tubuh. Berikut ini adalah 7 gerakan peregangan yang dapat membantu mengurangi stres:




Peregangan leher

Duduk dengan tegak dan rileks, kemudian condongkan kepala ke kanan dan tahan selama 15-30 detik. Lalu, ulangi gerakan ini ke arah kiri. Peregangan leher dapat membantu meredakan ketegangan pada otot leher dan bahu.


Peregangan bahu

Berdiri dengan kedua kaki rapat, kemudian letakkan tangan di belakang punggung dan jepitkan siku ke arah belakang. Tahan posisi ini selama 15-30 detik, kemudian lepaskan. Gerakan ini dapat membantu melonggarkan otot bahu dan punggung atas.


Peregangan punggung

Berbaring telentang dengan kedua kaki ditekuk dan kedua tangan di samping tubuh. Tarik kedua lutut ke arah dada dan tahan selama 15-30 detik. Kemudian, lepaskan. Gerakan ini dapat membantu mengurangi ketegangan pada otot punggung dan meningkatkan fleksibilitas tubuh.


Peregangan pergelangan tangan

Duduk dengan tegak dan rileks, kemudian angkat tangan kanan dan tekuk pergelangan tangan sehingga jari-jari menunjuk ke atas. Gunakan tangan kiri untuk menarik jari-jari tangan kanan ke arah bawah dan tahan selama 15-30 detik. Ulangi gerakan ini pada tangan kiri. Gerakan ini dapat membantu meredakan ketegangan pada otot pergelangan tangan dan tangan.


Peregangan panggul

Berdiri dengan kedua kaki selebar bahu, kemudian langkahkan kaki kanan ke depan dan tekuk lutut sehingga paha sejajar dengan lantai. Rentangkan tangan ke atas dan raih ke arah langit-langit. Tahan posisi ini selama 15-30 detik, kemudian ulangi pada kaki kiri. Gerakan ini dapat membantu melonggarkan otot panggul dan meningkatkan kelenturan tubuh.


Peregangan paha

Berdiri dengan kedua kaki rapat, kemudian langkahkan kaki kanan ke depan dan tekuk lutut sehingga paha sejajar dengan lantai. Letakkan tangan kanan di lutut kanan dan tahan posisi ini selama 15-30 detik, kemudian ulangi pada kaki kiri. Gerakan ini dapat membantu melonggarkan otot paha dan meningkatkan kelenturan tubuh.


Peregangan betis

Berdiri dengan kedua kaki rapat di dekat tembok atau pintu, kemudian langkahkan kaki kanan ke depan dan tekuk lututnya sedikit. Letakkan tangan kanan di tembok atau pintu untuk menjaga keseimbangan. Luruskan kaki kiri dan tekuk jari-jari kaki ke arah atas. Tahan posisi ini selama 15-30 detik, kemudian ulangi pada kaki kanan. Gerakan ini dapat membantu melonggarkan otot betis dan meningkatkan fleksibilitas kaki.

Dalam melakukan gerakan peregangan untuk meredakan stres, pastikan untuk melakukan perlahan dan rileks. Jangan memaksakan tubuh untuk melakukan gerakan yang terlalu sulit atau menyakitkan. Jika Anda memiliki masalah kesehatan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukan gerakan peregangan.


Selain melakukan gerakan peregangan, juga penting untuk memperhatikan pola makan dan tidur yang sehat, serta melakukan aktivitas yang menyenangkan untuk meredakan stres. Dengan melakukan perawatan diri yang baik, diharapkan stres dapat dikurangi dan kesehatan tubuh tetap terjaga.

Posting Komentar untuk "7 Latihan Peregangan untuk Meredakan Stres"